Sepertiga Warga Irak Percaya AS Dukung Militan ISIS
Penulis: By Theo | Sabtu, 09 April 2016 | 21:30 WIB Dibaca: 192 kali


Pasukan keamanan Irak dan kelompok militan ISIS melakukan foto bersama (Foto: Reuters)

AMERIKA Serikat (AS) telah menghabiskan waktu lebih dari 13 tahun di Irak dengan kedok memerangi terorisme. Namun, survei terbaru menunjukkan bahwa hampir sepertiga warga Irak percaya bahwa AS mendukung kelompok militan radikal ISIS.

Kantor Inspektur Jenderal menemukan hampir 40 persen warga Irak percaya bahwa AS berusaha untuk mengacaukan Irak dan mengontrol sumber daya alam mereka. 30 persen warga Irak juga percaya bahwa AS mendukung aksi terorisme atau kelompok militan ISIS.

Pada 2015, Komisi Parlemen Irak bagian Keamanan dan Pertahanan mengklaim memiliki dokumen yang menunjukkan foto-foto pesawat milik koalisi internasional memberikan senjata dan bantuan kepada kelompok militan ISIS.

"Kami telah sering menerima informasi mengenai hal ini dari berbagai sumber, baik didokumentasikan dalam bentuk foto. Selain itu, terdapat laporan yang membuktikan bahwa pesawat koalisi internasional mendarat di beberapa bandara di Mosul, Tal Afar, Al Kiara," ujar Ketua Komite MP Hakim Zamili dalam sebuah konferensi pers, sebagaimana dikutip dari RT, Sabtu (9/4/2016).

Meski demikian, keaslian foto tersebut belum dapat diverifikasi.

Survei yang menunjukkan warga Irak percaya bahwa tentara AS membantu kelompok ISIS merupakan salah satu alasan mengapa citra AS di mata warga Irak semakin menurun. Survei menunjukkan pada 2014 terdapat 38 persen warga Irak yang percaya terhadap tentara AS. Jumlah tersebut menurun drastis pada 2015 menjadi 18 persen pada Agustus 2015. 

 

okezone.com

[ Kembali ]
Berita Lainnya
Obama Bersumpah Gempur ISIS dengan Kekuatan Penuh
Kronologis Jatuhnya Helikopter yang Bawa Istri Dubes RI
Perempuan Direkrut untuk Melayani Nafsu Kim Jong-un
Helm Ini Bikin Pilot Punya Pandangan Seperti Radar
Krisis Krimea 2014, Rusia Sempat Ancam Tembakkan Nuklir
Politik
Hukrim
Wisata & Budaya
Advertorial
Ekbis
Pendidikan
Olahraga
Galeri
Riau
Nasional
Internasional
Opini
Redaksi
Indeks Berita
Indeks Headline
Indeks Terpopuler
@2013 Wahananusantara.com All Rights Reserved.