Pj. Bupati Ikuti Rakor Bersama Gubernur, Sukseskan Pilkada Serentak 2015
Ajak Peran Aktif Semua Pihak Tingkatkan Partisipasi Aktif Warga
Penulis: By Theo | Kamis, 17 Desember 2015 | 12:06 WIB Dibaca: 205 kali



Pekanbaru,
Pj. Bupati Kabupaten Kepulauan Meranti H. Edy Kusdarwanto mengikuti rapat koordinasi Gubernur bersama Bupati/Walikota Se-Riau dalam rangka mensukseskaan pelaksanaan Pilkada serentak di 9 Kabupaten Kota Se-Riau, pada kesempatan itu Pj. Bupati mengajak peran aktif semua pihak untuk meningkatkan partisipasi pemilih yang menjadi salah satu Indikator kesuksesan Pilkada, bertempat di Hotel Arya Duta Pekanbaru, Selasa (10/11).
 
Hadi dalam acara itu Wakil Ketua DPRD, Ketua KPU Se-Provinsi Riau, Ketua Panwaslu, Forkopimda, Kapolda Riau, Kajati Riau, Danrem 031/WB, Danlanud, Bupati/Walikota Se-Provinsi Riau. 
 
Dijelaskan Pj. Bupati H. Edy Kusdarwanto, sejauh ini proses pelaksanaan Pilkada Meranti berjalan kondusif meskipun jelang semakin dekatnya Pilkada Serentak 9 Desember 2015 mendatang tensi dan dinamika politik mulai naik dan menguat namun masih dalam tingkat kewajaran. "Sejauh ini proses Pilkada berjalan aman dan kondusif, namun tensi politik sudah mulai menguat seiring makin dekatnya poses penyelenggaraan," jelasnya.
 
Dengan kondusifnya kondisi Kamtibmas jelang Pilkada mendatang di Kabupaten Meranti, tinggal lagi upaya meningkatkan partisipasi pemilih, sebagai salah satu indikator kesuksesan Pilkada disuatu daerah. Untuk masalah ini Pj. Bupati berharap peran aktif dari semua pihak khususnya Forkopimda untuk melakukan sosialisasi Pilkada serta menjaga kondusifitas daerah sebagai antisipasi dini berbagai kerawanan yang akan terjadi terutama didaerah perbatasan.
 
Lebih jauh dijelaskan Pj. Bupati, dalam rangka meningkatkan partisipasi pemilih diperlukan sosialisasi Pilkada ditengah masyarakat dan seiring waktu pelaksanaan hanya tinggal 3 Minggu  lebih tepat ditujukan kepada pemilih pemula. Dalam masalah ini peran aktif KPU, Pemerintah lewat dinas pendidikan, dan Parpol sangat diperlukan. "Mari bersama kita ajak masyarakat lebih mengedepankan kewajibannya (Partisipasi dalam Pilkada)" ajak H. Edy.
 
Hal senada juga dikatakan Ketua KPU Riau yang mengajak partisipasi pihak-pihak terkait dalam mendongkrak partisipasi diantaranya adalah Pemilik Usaha, Elit Partai, Birokrat, Non Elit Partai, TNI dan Polri.
 
Sekedar informasi tingkat partisipasi pemilih di Riau, yang diukur saat pelaksaan Pilpres lalu mencapai 62 persen, dari Informasi KPU Riau angka ini dibawah rata-rata Nasional yakni 77 Persen.
 
Sementara Plt. Gubri H. Arsyadjuliandi Rachman menekankan beberapa hal yang perlu menjadi perhatian yakni netralitas PNS dan memastikan setiap tahapan pelaksanaan Pilkada sesuai mekanisme dan aturan, penyelenggaraan berjalan profesional dan terjalin koordiansi yang baik dengan stag holder, Bupati dan jajaran memastikan peran dan fungsinya dalam melaksanakan Pilkada berjalan baik, serta dukungan pihak keamanan agar pelaksanaan Pilkasa berjalan aman, damai dan kondusif dan terakhir meningkatnya partisipasi masyarakat. 
 
Pihak Polda dalam laporannya kepada Plt. Gubri mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan Polres Se-Kabupaten Kota, jelang pencoblosan 9 Desember 2015 mendatang belum ada terjadi bentrok fisik, nol lakalantas, koordinasi dengan pemerintah dan pihak terkait masih berjalan baik, meski dibeberapa daerah seperti di Kampar dan Rohul potensi kerawanan cukup tinggi namun masih terkendali. (Advetorial Meranti).
[ Kembali ]
Berita Lainnya
Meranti Raih WTP 5 Kali Berturut-turut
Tengku Akhrial Sambut 19 Bintara Baru Polres
Prioritaskan Infrastruktur Publik, Irwan Tunda Bangun Kantor
Bupati Irwan Takjub Kedelai Tumbuh di Rangsang
BUPATI IRWAN RESMIKAN KANTOR DESA TENGGAYUN RAYA
Politik
Hukrim
Wisata & Budaya
Advertorial
Ekbis
Pendidikan
Olahraga
Galeri
Riau
Nasional
Internasional
Opini
Redaksi
Indeks Berita
Indeks Headline
Indeks Terpopuler
@2013 Wahananusantara.com All Rights Reserved.