Ratusan Personil Dikerahkan Padamkan Karhutla di Bengkalis
Penulis: yasier | Jumat, 13 Pebruari 2015 | 10:28 WIB Dibaca: 375 kali


Kebakaran Hutan dan lahan di Provinsi Riau

PEKANBARU - Kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kabupaten Bengkalis, Riau, terus meluas. Sejauh ini, masih ada sekitar 50 hektar lahan yang dilalap api.

Sebagai tindak lanjut, sekitar 215 personil gabungan sudah diturunkan ke lokasi untuk memadamkan api. Kabid Humas Polda Riau AKBP Guntur Aryo Tejo menjelaskan, kebakaran terjadi di Desa Buruk Bakul, Kecamatan Bukit Batu, Bengkalis.

"Beberapa hektar sudah berhasil dipadamkan. Petugas masih melakukan pemadaman," jelasnya, dilansir dari klikriaucom, Kamis (12/2/2015).

Polisi, sebut Guntur, sudah menurunkan sekitar 80 personil. Sementara ratusan lainnya terdiri dari petugas pemadaman dari sejumlah perusahaan, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat dan TNI.

"Selain itu, ada pula puluhan personil dari Manggala Agni dan Masyarakat Pecinta Api (MPA). Beberapa alat berat, 4 mobil pemadam dan 30 mesin robin atau pemompa air sudah diturunkan ke lokasi," terang Guntur.

Pemerintah Bengkalis belum berencana melakukan water bombing atau bom air karena kesulitan mendapatkan sumber air. Petugas hanya berharap ada hujan yang turun.

"Berdasarkan informasi, hujan sudah sebulan tidak turun. Hal ini membuat petugas kesulitan memadamkan api. Kondisi ini diperparah dengan adanya angin bertiup kencang dan lokasi kabakran yang sudah kering, sehingga membuat api cepat menyebar," imbuh Guntur.

Pemilik lahan sendiri, sambung Guntur, masih diselidiki petugas. Personil juga menyelidiki apakah kebakaran ini disengaja atau memang faktor alam. "Lokasi memang berada jauh dari pemukiman. Lokasinya berada jauh dalam hutan," ujarnya.

Selain di Bengkalis, titik api juga muncul di Kabupaten Indragiri Hilir dan Pelalawan. Luas areal kebakaran belum bisa dipastikan Guntur, karena masih menunggu laporan dari petugas lapangan.

Sebelumnya, Bupati Bengkalis Herliyan Saleh telah menetapkan daerah berjuluk Negeri Junjungan itu ke kondisi siaga darurat bencana Karhutla. Hal itu dilakukan seiring dengan meluasnya kebakaran.*wn/sir

[ Kembali ]
Berita Lainnya
Eksekusi terpidana narkoba akan berlangsung tahun ini
OC Kaligis Akan Hadapi Sidang Dakwaan di Pengadilan Tipikor Hari Ini
POTRET BURAM WAJAH DISNAKER RIAU , 15 TAHUN TAK SELESAI TANGANI KASUS JHT
Oknum Guru Ini Berhasil Tipu Korban Rp160 Juta
Tiga Tersangka Dugaan Korupsi Pelebaran Jalan HR Soebrantas Bakal Diperiksa
Politik
Hukrim
Wisata & Budaya
Advertorial
Ekbis
Pendidikan
Olahraga
Galeri
Riau
Nasional
Internasional
Opini
Redaksi
Indeks Berita
Indeks Headline
Indeks Terpopuler
@2013 Wahananusantara.com All Rights Reserved.